Home / Militer / 140 TARUNA SMK N 1 TANGERANG MENUNTUT ILMU DI MENARHANUD-1/F DAM JAYA

140 TARUNA SMK N 1 TANGERANG MENUNTUT ILMU DI MENARHANUD-1/F DAM JAYA

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Taruna (LDKT) merupakan upaya untuk menanamkan jiwa kepemimpinan sejak dini dan memberikan karakter kepemimpinan bagi pesertanya. Sama halnya dengan 140 Taruna SMK N 1 Tangerang yang menuntut ilmu pengetahuan tentang dasar-dasar kepemimpinan di Menarhanud-1/F Dam Jaya. (28/10)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Danmenarhanud-1/F Dam Jaya Kolonel Arh I Made Kusuma D.G. dalam amanatnya Danmenarhanud-1/F Dam Jaya menekankan bahwa hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda ke-88 dimana 88 tahun yang lalu para pemuda bersumpah dan mengikrarkan 1 bahasa, 1 bangsa, 1 tumpah darah Indonesia dan kita hanya perlu meneruskan perjuangan tersebut. Perlu disadari bahwa generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundaknya harapan bangsa ini untuk dapat lebih maju dapat tercapai. Selanjutnya Danmenarhanud-1/F Dam Jaya memberi pesan kepada para Taruna untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk belajar menjadi pemimpin yang baik, berdisiplin dan memiliki karakter yang Pancasilais, sehingga mampu menciptakan tatanan nilai hidup dan kehidupan bangsa yang lebih baik dikemudian hari. Tidak lupa Danmenarhanud-1/F Dam Jaya memberikan kata-kata bijak “Knowledge is power but Character is more” yang artinya “Pengetahuan adalah kekuatan akan tetapi karakter adalah kekuatan yang lebih besar dari pengetahuan itu sendiri.

Setelah pembukaan selesai kegiatan diambil alih oleh para pelatih dengan diawali penyegaran tentang peraturan baris-berbaris dilanjutkan dengan materi tentang wawasan nasionalisme, wawasan kepemimpinan, meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab, serta memantapkan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki para Taruna yang mereka lalui selama tiga hari.

Hasil yang dicapai oleh para Taruna sangat kelihatan dari sikap, perilaku dan tindakan yang ditunjukkan kepada para pelatih dan guru mereka, seperti yang disampaikan oleh Pembina Menkorps Taruna Bpk. H. Yusuf, B.A. bahwa respek para Taruna meningkat drastis dalam tiga hari ini, saya yakin apabila dilatih selama satu minggu para Taruna ini memiliki sikap seperti Tentara, tegasnya.

Setelah kegiatan selesai pada hari Minggu (30/10) pukul 17.00 WIB, dilaksakanan upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh Kepala SMK N 1 Tangerang Bpk. Drs. Mahpudin M. Ardi, M.M., M.Pd. dalam amanatnya Kepala Sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada Satuan Menarhanud-1/F Dam Jaya dan para Pelatih yang telah bersedia membimbing dan berbagi ilmu kepada Taruna SMK N 1 Tangerang, harapan dari Kepala Sekolah bahwa dimasa yang akan datang jangan sampai kegiatan ini terputus sampai disini saja, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun dengan generasi yang baru lagi agar didapat kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda yang handal.

About master

Check Also

SOSIALISASI TABUNGAN WAJIB PERUMAHAN DI MENARHANUD-1/F DAM JAYA

Badan Pengelola Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat (BP TWP AD) adalah suatu badan usaha gotong …